BolaSkor.com - Southampton lolos ke babak kelima Piala FA setelah menang tipis 1-0 saat menjamu Arsenal pada putaran keempat di St. Mary's Stadium, Sabtu (23/1) WIB. Satu-satunya gol lahir dari bunuh diri bek Arsenal Gabriel.

Main di kandang sendiri, Southampton mencoba mengambil inisiatif serangan ke lini pertahanan Arsenal. Mereka mendapat tendangan bebas pertama di menit kedua saat Gabriel melanggar Danny Ings.

Ward-Prowse yang mengambil alih tendangan bola mati langsung mengarahkan umpan melewati pemain belakang Arsenal. Namun, upaya tersebut berhasil digagalkan Bern Leno dan hanya membuahkan sepakan pojok.

Baca Juga:

Arsenal Jajaki Peminjaman Martin Odegaard dari Real Madrid

Pengurangan Pemain Berlanjut, Arsenal Putus Kontrak Sokratis

5 Gelandang Serang yang Dapat Direkrut Arsenal untuk Gantikan Ozil

Dari sepak pojok, Ward-prowse melesatkan tendangan melengkung yang mengarah langsung ke gawang. Namun, Leno berhasil menepisnya keluar lapangan dan menghasilkan tendangan sudut lainnya.

Peluang kembali didapatkan Southampton di menit ke-14 saat Adams berhasil melewati dua pemain belakang Arsenal. Namun, Leno lagi-lagi berhasil mengantisipasi arah dari sentuhan Adams.

Southampton terus menekan pertahanan Arsenal hingga akhirnya berhasil di menit ke-24. Tim tuan rumah mengungguli permainan setelah tendangan Walker-Peters yang melesat di antara dua kaki Cedric membentur kaki Gabriel dan berubah arah ke gawang yang mengecoh Leno. Southampton unggul 1-0 dari Arsenal.

Gol itu mengakhiri catatan tidak kebobolan Arsenal yang sudah berjalan 508 menit. Ini pertama kali gawang Arsenal bobol sejak gol Tammy Abraham untuk Chelsea pada Boxing Day.

Di menit ke-31, Forster dan para pemain belakang Southampton melakukan hal ceroboh di belakang yang memaksa Forster menepis bola dari Nketiah.

Peluang kembali dimiliki Arsenal di menit ke-36 saat Pepe mengambil bola dari umpan Nketiah dan melepaskan tembakan langsung ke gawang, namun bolamembentur badan Stephens.

Di ujung babak pertama, Soton nyaris menggandakan keunggulan, beruntung bola sepakan Ward-Prowse belum menemui sasaran. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk Southampton.

Di babak kedua, skenario jalannya pertandingan tidak jauh berbeda. Meski Arsenal lebih banyak mengusai bola, Southampton lebih berbahaya dalam serangan. Sebaliknya Arsenal mulai mencoba keluar mencari gol penyeimbang.

Hingga babak kedua berjalan 15 menit, bola lebih banyak berkutat di sentral lapangan. Bahkan kedua kubu belum sekalipun melepaskan sepakan yang tepat sasaran.

Di menit ke-72, Arsenal melakukan perubahan dengan memasukkan Alexandre Lacazette menggantikan Hector Bellerin. Alhasil Arsenal terlihat lebih menggencarkan tekanan mereka.

Meski terus menekan, Arsenal masih sesekali kesulitan meladeni serangan balik Southampton. Tekanan Arsenal juga selalu bisa dipatahkan lini pertahanan tuan rumah.

Hingga laga berakhir, skor 1-0 untuk Southampton tidak berubah dan Arsenal tersingkir dari ajang Piala FA. Southampton akhirnya bisa mengalahkan Arsenal setelah dalam empat pertemuan sebelumnya selalu kalah.

Susunan Pemain

SOUTHAMPTON (4-4-2): Fraser Forster; Kyle Walker-Peters, Jan Bednarek, Jack Stephens, Ryan Bertrand; Stuart Armstrong, Ibrahima Diallo, James Ward-Prowse, Theo Walcott; Che Adams (Nlundulu 78), Danny Ings (Long 85).

ARSENAL (4-2-3-1): Bernd Leno; Hector Bellerin (Lacazette 72), Rob Holding, Gabriel Magalhaes, Cedric Soares; Mohamed Elneny (Partey 58), Granit Xhaka; Nicolas Pepe, Willian, Gabriel Martinelli (Saka 58); Eddie Nketiah.