BolaSkor.com - Dari tim yang sebelumnya melalui rentetan laga tanpa pernah kalah di Serie A, AC Milan tiba-tiba jadi pesakitan di dua laga terakhir Serie A 2021-2022 dan menelan kekalahan dengan skor telak.

Milan memang masih berada di jalur yang tepat dalam perebutan Scudetto. Tim arahan Stefano Pioli ada di urutan dua klasemen dengan raihan 32 poin dari 14 laga, terpaut tiga poin dari Napoli di peringkat satu.

Tapi hasil yang diraih di dua laga terakhir cukup mengkhawatirkan Milan. Il Rossoneri kalah 3-4 dari Fiorentina dan 1-3 melawan Sassuolo di San Siro. Kebobolan tujuh gol dari dua laga menjadi sorotan.

Untuk tim yang berada di empat besar Milan punya pertahanan terburuk dengan kebobolan total 18 gol, di bawah Napoli (tujuh gol kebobolan), Inter Milan (urutan tiga, 15 gol kebobolan), dan Atalanta (urutan empat, 17 gol kebobolan).

Baca Juga:

Dikalahkan Sassuolo, Pioli Ungkap Deretan Dosa AC Milan

AC Milan 1-3 Sassuolo: Rossoneri Terpeleset di Rumah Sendiri

Junior Messias, dari Jasa Pengantar Barang hingga Pencetak Gol Krusial Milan di Liga Champions

Stefano Pioli

“Saya tidak melihat kurangnya konsentrasi atau determinasi. Saya pikir secara mental kami tidak tajam dan membuat pilihan yang salah," ucap Pioli selepas laga melawan Sassuolo dikutip dari Football-Italia.

“Pendekatan kami dalam bertahan memang membutuhkan situasi satu lawan satu, hanya saja kami kehilangan beberapa di antaranya hari ini melawan pemain berkualitas seperti Scamacca dan Berardi."

“Ini bukan hanya tentang pertahanan, kami memberikan bola terlalu mudah dan tentu saja seharusnya tidak kebobolan gol ketiga."

“Saya tidak percaya itu adalah pendekatan yang salah, kami hanya membuat pilihan yang buruk. Kami menyadari kekuatan dan kelemahan kami, jadi kami harus terus bekerja."

Melemah Tanpa Fikayo Tomori

Fikayo Tomori

Ada statistik menarik yang dibuat Football-Italia dari bolongnya pertahanan Milan itu. Hal tersebut disinyalir terjadi karena absennya bek tengah berusia 23 tahun, Fikayo Tomori karena cedera dan sudah absen di empat dari lima laga terakhir Serie A.

Di kala mantan bek Chelsea itu absen Milan kebobolan setidaknya tiga gol. Matteo Gabbia turun menggantikannya kala melawan Fiorentina, lalu Alessio Romagnoli mengisi slot ketika menjamu Sassuolo.

Alasan Pioli mencadangkan Romagnoli pun terlihat. Pasalnya setelah mencetak gol ke gawang Sassuolo, performa Romagnoli menurun dengan dribel bola Berardi melewatinya dan juga kartu merah untuknya.

Hal tersebut memperlihatkan bahwa Milan merindukan Tomori. Milan meminjamnya musim lalu dengan Chelsea dan mempermanenkannya musim panas 2021 sebesar 29 juta euro. Kabarnya, Tomori sudah pulih dari cedera punggung dan siap tampil.