Statistik Solskjaer Dibanding Tiga Pendahulunya di Manchester United

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 29 Juli 2021
Statistik Solskjaer Dibanding Tiga Pendahulunya di Manchester United
Ole Gunnar Solskjaer (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United masih memberikan kepercayaan kepada manajer asal Norwegia, Ole Gunnar Solskjaer untuk menangani klub dalam jangka waktu panjang. Solskjaer teken kontrak baru.

Kendati belum meraih trofi sejak melatih United pada Desember 2018 hingga saat ini, hal itu tidak mengurangi kepercayaan United kepada Solskjaer yang dianggap sebagai sosok tepat untuk membangkitkan Red Devils.

"Ole dan stafnya telah bekerja tanpa lelah meletakkan fondasi untuk kesuksesan jangka panjang di lapangan."

"Hasilnya semakin terlihat selama dua musim terakhir dan kami semua menantikan untuk melihat tim yang menarik ini berkembang lebih jauh di tahun-tahun mendatang."

Baca Juga:

Ungkapan Hati Solskjaer Usai Manchester United Merekrut Raphael Varane

Ole Gunnar Solskjaer Beri Kode Manchester United Belum Berhenti Belanja Pemain

3 Alasan Manchester United Tepat Perpanjang Kontrak Solskjaer

Ole Gunnar Solskjaer

"Apa yang sangat menyenangkan adalah bagaimana kemajuan ini dicapai dengan perpaduan antara pemain muda, talenta lokal dan rekrutan kelas atas, bermain sepak bola menyerang dalam tradisi terbaik Manchester United. Kami lebih percaya diri dari sebelumnya di bawah kepemimpinan Ole, kami menuju ke arah yang benar."

Itulah alasan Man United memperpanjang kontraknya hingga 2024 dengan opsi perpanjang setahun yang dituturkan Ed Woodward, CEO Man United. Sejauh ini Solskjaer memang belum memberikan trofi sebagai manajer di United, lantas bagaimana sepak terjangnya jika dibandingkan tiga manajer sebelumnya?

Solskjaer sejak 2018 hingga saat ini telah memimpin di 151 laga dengan catatan: 84 kemenangan, 34 hasil imbang, 33 kekalahan, serta persentase kemenangan 55,6 persen. Solskjaer membawa United finish di empat besar alias zona Liga Champions.

Eks pelatih Molde juga membawa klub ke tiga semifinal turnamen dan pada musim 2020-2021, United mencapai final Liga Europa serta menjadi runner-up Premier League. Persentase kemenangan United dengannya besar.

Pendekatan Solskjaer kepada skuadnya terjadi secara personal atau individu, dia menjaga atmosfer ruang ganti pemain tetap positif dan melindungi para pemainnya. Selain itu secara taktik Solskjaer cenderung mengandalkan kemampuan individu pemain serta serangan balik.

Minus Sir Alex Ferguson yang tak dapat dibandingkan karena melatih United selama 26 tahun, berikut perbandingan dengan tiga pendahulu Solskjaer dari David Moyes, Louis van Gaal, hingga Jose Mourinho:

1. David Moyes

Pengganti langsung yang dipilih Ferguson dan mengawali era baru United setelah dilatih Ferguson selama 26 tahun. David Moyes datang pada 2013 dan sayangnya, kurang dari semusim sudah dipecat karena performa United yang buruk.

Kurang dari 10 bulan melatih Moyes dipecat dan digantikan oleh manajer interim yang juga legenda United, Ryan Giggs. Manajer asal Skotlandia tak punya cukup waktu menanamkan filosofi bermainnya untuk United.

Moyes (58 tahun) saat ini melatih West Ham United. Statistiknya kala melatih United adalah 34 laga, 17 kemenangan, enam hasil imbang, 11 kekalahan, persentase kemenangan 50 persen.

2. Louis van Gaal

Dijuluki Iron Tulip karena ketegasannya kala melatih. Meski begitu Louis van Gaal seringkali mengorbitkan pemain muda dan di eranya kala melatih United (2014-2016) ia mempromosikan Marcus Rashford serta merekrut Anthony Martial.

Permainan Man United sempat dianggap membosankan kala dilatih oleh eks pelatih Barcelona, Bayern Munchen, dan timnas Belanda itu, tetapi pada akhirnya Van Gaal mampu memberikan titel Piala FA.

Kendati demikian manajemen sudah mengambil keputusan memecatnya pada 2016 dan merekrut Jose Mourinho sebagai penggantinya. Catatannya dengan United adalah: 76 laga, 39 kemenangan, 19 hasil imbang, 18 kemenangan, dan persentase kemenangan 51,3 persen.

3. Jose Mourinho

Serial winner. Jose Mourinho selalu mempersembahkan trofi di klub-klub yang pernah dilatihnya (sebelum catatan itu berakhir di Tottenham Hotspur). The Special One membesut United dari medio 2016 hingga 2018.

Pada musim pertamanya Mourinho memberikan titel Liga Europa, Piala Liga, dan Community Shield serta finish runner-up Premier League pada musim 2017-2018. Tetapi keributan dengan Paul Pogba serta serangan yang dilancarkannya dalam mengkritik manajemen mengakhiri pekerjaannya.

Pada Desember 2018 Mourinho dipecat dan digantikan oleh Solskjaer. Catatan Mourinho di United adalah: 93 laga, 50 kemenangan, 26 hasil imbang, 17 kekalahan, persentase kemenangan 53,8 persen.

Breaking News Manchester Manchester United Ole gunnar Solskjaer Jose Mourinho Louis van Gaal David Moyes Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan