BolaSkor.com - Legenda Barcelona, Hristo Stoichkov, menilai Pep Guardiola beruntung memiliki tim yang sudah matang pada saat mengambil alih Blaugrana dari Frank Rijkaard. Hristo Stoichkov ragu Guardiola mampu meraih prestasi yang sama tanpa adanya fondasi dari tim sebelumnya.

Pada era Pep Guardiola, Barcelona menjadi penguasa di Spanyol dan Eropa. Nama Lionel Messi pun semakin harum dengan rentetan rekor yang diukir.

Baca Juga:

Barcelona Diminta Lupakan Lautaro Martinez, Kemudian Kejar Roberto Firmino

Miralem Pjanic Diklaim Terima Tawaran Pindah ke Barcelona

Wonderkid Barcelona Ingin Membelot ke Manchester United

Pep Guardiola

Meski demikian, Hristo Stoichkov tidak menilai Pep Guardiola benar-benar punya andil besar dalam keberhasilan tersebut. Menurutnya, pelatih asal Spanyol tersebut hanya beruntung mendapatkan warisan tim yang sudah kuat.

"Barcelona sudah matang," kata Stoichkov mengomentari keberhasilan Barcelona era Pep Guardiola yang meraih 14 trofi dalam empat musim seperti dilaporkan Mirror.

"Frank Rijkaard membuat pasukan dan Pep Guardiola mengambil alih. Lionel Messi dan pemain lain sudah memulai debutnya bersama Rijkaard. Hal-hal spektakuler akan dicapai dengan atau tanpa Guardiola," sambungnya.

"Ada Thierry Henry, Deco, Ronaldinho, Rafa Marquez, Carles Puyol, dan Victor Valdes," papar Stoichkov.

"Ada beberapa pemain yang harus dipindahkan Guardiola. Namun, Andres Iniesta dan Pedro masuk dan ada lebih banyak waktu untuk Lionel Messi. Dengan begitu, tim sudah lengkap."

Hristo Stoichkov merupakan pemain asal Bulgaria dan pernah meraih Ballon d'Or. Ia menjadi rekan Pep Guardiola dan Johan Cruyff ketika Barcelona meraih gelar Liga Eropa pada 1992.