BolaSkor.com - Semenjak ditunjuk kembali melatih timnas Belanda untuk kali ketiga pada Agustus 2021, Louis van Gaal melakukan eksperimen di timnas Belanda. Salah satunya adalah menerapkan kembali taktik tiga bek.

Taktik tiga bek itu mendapatkan sorotan serta pro kontra dari publik, bahkan dari pemain timnas Belanda itu sendiri. Dia adalah bek Liverpool, Virgil van Dijk. Menurutnya dia lebih suka formasi 4-3-3 ketimbang tiga bek.

Formasi 4-3-3 selain sudah identik dengan era total football Belanda juga dimainkan Van Dijk dengan Liverpool. Tak ayal ia lebih suka formasi tersebut, terlebih saat menggunakan taktik tiga bek pertahanan Belanda rapuh.

Saat melawan Denmark di laga uji coba Belanda memainkan formasi 3-4-1-2 dan menang 4-2. Kendati menang pertahanan terlihat rapuh dan bisa kebobolan dua gol.

Baca Juga:

3 Faktor Kunci di Balik Kekuatan Timnas Kanada Lolos ke Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022 di Qatar Tak Jauh dari Uang dan Keuntungan Komersil

Sebut Piala Dunia di Qatar Bermotif Uang, Van Gaal Dinilai Konyol

“Sampai hari ini kami telah berlatih keras, dengan banyak taktik dan pertemuan. Ada saat-saat yang baik tetapi juga hal-hal yang perlu ditingkatkan. Kami akan menganalisis ini," tutur Van Dijk.

“Tentu saja, kami bermain dalam sistem baru, hal-hal yang berbeda diperlukan dari para pemain. Tapi saya pikir kami menunjukkan banyak hal bagus."

"Apakah saya menyukai sistemnya? Yah, saya masih mendukung 4-3-3 tapi saya bukan pelatih tim nasional dan pelatih tim nasional memiliki pendapat yang sangat kuat tentang itu," terang dia.

Van Gaal pun tak masalah Van Dijk mempertanyakan taktiknya, tetapi pria berusia 70 tahun dengan tegas menuturkan masalah pemilihan taktik adalah hak yang dimilikinya. Van Gaal bisa dengan bebas menerapkan taktik apapun.

"Saya tahu dia (Van Dijk) punya preferensi itu (taktik lain), dia selalu mengatakannya di publik. Kami sudah memiliki perdebatan ini sejak saya tiba di sini. Manajer menentukan taktiknya," ucap Van Gaal seperti dilansir dari Dailymail.

Semenjak kembali melatih timnas Belanda, mantan pelatih Barcelona, Bayern Munchen, dan Manchester United itu sudah memenangi enam laga dan imbang dua kali dari delapan laga. Van Gaal juga membawa Belanda lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar.