Terkait Selebrasi Gol, FA Diminta Bersikap Tegas dan Hukum Jurgen Klopp

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 02 Mei 2023
Terkait Selebrasi Gol, FA Diminta Bersikap Tegas dan Hukum Jurgen Klopp
Jurgen Klopp protes kepada Kieran Tierney (Twitter)

BolaSkor.com - Liverpool dalam momentum kebangkitan menyusul empat kemenangan beruntun di Premier League dan total, di enam laga beruntun tak terkalahkan: dua hasil imbang dan empat kemenangan.

Alhasil, posisi The Reds merangkak naik dan kini ada di zona Liga Europa alias urutan lima dengan 56 poin dari 33 laga, terpaut tujuh poin dari Manchester United di peringkat empat yang baru bermain 32 kali.

Kemenangan terbaru Liverpool didapat setelah mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor telak 4-3 di Anfield. Pada laga dengan drama tujuh gol tersebut, Tottenham mampu menyamakan kedudukan menjadi 3-3 setelah tertinggal tiga gol.

Akan tapi tepat jelang laga bubar Diogo Jota mencetak gol kala memanfaatkan blunder Lucas Moura. Pasca gol itu pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, melakukan selebrasi gol di depan wajah wasit keempat dan cedera.

Baca juga:

Bicara Soal Pertarungan Liverpool di Empat Besar, Jurgen Klopp Realistis

Hasil dan Klasemen Premier League: Man City ke Puncak, Liverpool Tekuk Tottenham

Selebrasi Gol di Depan Muka Wasit dan Cedera, Jurgen Klopp Akui Tak Perlu Melakukannya

Klopp punya alasan melakukannya karena ia kesal dengan kinerja wasit laga Paul Tierney, terlebih menurutnya apa yang diucapkan Tierney kepadanya tidak layak.

"Bagaimana mereka bisa melakukan pelanggaran terhadap Mohamed Salah (sebelum gol ketiga Tottenham)? Kami memiliki sejarah kami dengan Tierney. Saya benar-benar tidak tahu apa yang dia lakukan terhadap kami; dia mengatakan tidak ada masalah, tetapi itu tidak mungkin benar," papar Klopp beberapa waktu lalu.

"Bagaimana dia memandang saya; saya tidak mengerti. Di Inggris, tidak ada yang harus mengklarifikasi situasi ini; itu sangat rumit dan sulit untuk dipahami. Selebrasi saya tidak perlu, dan itu adil, tetapi apa yang dia katakan kepada saya ketika dia memberi saya kartu kuning tidak baik-baik saja."

Komite Wasit Inggris (PGMOL) tengah meninjau situasi tersebut dan sebelumnya memberi penilaian tidak ada yang salah dengan kinerja Tierney.

Nasi telah menjadi bubur tapi selebrasi gol Klopp mengundang perhatian. Pandit sepak bola sekaligus mantan pemain Chelsea, Chris Sutton, menilai Federasi Sepak Bola Inggris (FA) seharusnya bertindak tegas kepada Klopp atas selebrasinya tersebut.

Menurutnya, selebrasi gol tersebut tak layak dan sudah sewajarnya FA memberinya hukuman yang membuatnya jera, misal larangan mendampingi tim untuk periode tertentu.

"Sekali lagi kita berbicara tentang perilaku buruk Klopp dan contoh buruk yang dia berikan kepada jutaan penggemar yang terpengaruh yang menonton dari rumah," tulis Sutton di Dailymail.

"Ini sampai ke akar kala wasit yang bekerja pada hari Sabtu dan Minggu mereka dengan imbalan kecil disalahgunakan karena masalah mereka."

"Profilnya tidak jauh lebih besar dari Klopp, dan Anda berharap dia akan merasa aneh ketika menonton kembali rekaman, dia berlari ke arah Brooks dan cedera hamstring. Asosiasi Sepak Bola perlu mengatasi semua ini."

"Sebuah tamparan di pergelangan tangan (hukuman ringan) tidak akan berhasil. Denda saja tidak cukup untuk mencegah. Hanya larangan yang akan berhasil," tegas Sutton.

Jurgen Klopp Klopp Premier League Liverpool
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan