BolaSkor.comTimnas Indonesia U-23 menjalani suntik vaksin polio sebelum berangkat ke SEA Games 2019, yang akan berlangsung di Filipina, akhir November mendatang. Hal ini dilakukan lantaran maraknya wabah polio yang saat ini sedang melanda Filipina.

Suntik vaksin polio ini dilakukan di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (8/11). Kegiatan ini langsung dilakukan oleh Kementrian Kesetahan dan dokter Timnas Indonesia U-23, Syarif Alwi.

Pria yang kerap disapa Papi ini mengatakan hal ini memang dilangsungkan untuk kekebalan tubuh para atlet, agar pada saat SEA Games nanti para atlet tidak mudah terserang penyakit yang ada di Filipina.

Baca Juga:

VFF Menatap Piala Dunia 2026, Park Hang-seo: Timnas Vietnam Sudah Masuk Kelompok Tim Kuat Asia

Perpanjang Kontrak, Pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo Terima Gaji hingga Rp701 Juta per Bulan

"Ini guna mengantisipasi agar para pemain tak gampang terserang penyakit. Atlet itu kan ketika bermain dalam suatu pertandingan, temponya kan tinggi, kalau sewaktu-waktu kondisi tubuh mereka drop, vaksin ini yang jadi pendamping kekebalan tubuh pemain," ujar Syarif.

Syarif Alwi menjelaskan vaksin polio itu akan bekerja selama dua hingga tiga minggu selepas disuntik. Akan tetapi, bisa bekerja maksimalnya vaksi ini mesti didukung dengan pola hidup sehat.

"Selain itu kami juga akan memberikan suplemen tambahan. Suplemen ini berupa obat penunjang daya tahan tubuh. Kalau si pemain dalam keadaan flu. Justru vaksinnya untuk flu dulu. Jika sudah sembuh baru disuntikkan vaksin polio," tutup Syarif Alwi.