Tua-tua Keladi, Ini 4 Striker Berusia Senja yang Pernah Menjadi Top Skor Serie A

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 27 Januari 2019
Tua-tua Keladi, Ini 4 Striker Berusia Senja yang Pernah Menjadi Top Skor Serie A
Alessandro Del Piero (Zimbio)

BolaSkor.com - Anggur merah dinikmati dengan cara yang berbeda dibanding minuman lainnya. Semakin tua usia anggur itu, semakin langka dan nikmat meminumnya. Analogi itu dapat digunakan sebagai pengantar untuk menggambarkan striker-striker gaek di Serie A.

Genitori atau orang tua di Serie A seringkali 'menyalahi' takdir dengan performa yang semakin baik di usia senja, di kala mereka seharusnya memikirkan gantung sepatu atau hal yang dilakukan setelahnya. Jika ingin melihat istilah tua-tua keladi dalam kenyataannya, cukup tengok sejarah Serie A.

Kata "tua" hanyalah tiga buah huruf di atas secarik kertas bagi mereka yang terus mengundang kekaguman dari publik. Performa hebat, konsistensi, gol-gol yang tercipta, seolah memperlihatkan para genitori itu selayaknya Benjamin Button.

Sampai pekan 21 Serie A, attacante (penyerang) Sampdoria berusia 35 tahun, Fabio Quagliarella, menduduki puncak capocannoniere (top skor) Serie A sementara dengan torehan 16 gol - lebih dua gol dari Cristiano Ronaldo di Juventus.

Baca Juga:

Marco Polo, Erick Thohir dan Perjalanan Memerahkan Inter Milan

Juventus Vs Sampdoria, Beda Tipis antara Cristiano Ronaldo dengan Fabio Quagliarella

Lalui Ronaldo, Quagliarella Juga Samai Rekor Batistuta dan Lewati Rekor Gol Vieri

Fabio Quagliarella top skor sementara Serie A 2018-19

Quagliarella menambah pundi-pundi golnya kala Sampdoria menang 4-0 atas Udinese di Marassi. Usia benar-benar hanya ukiran kata bagi mantan penyerang Juventus itu. Dua golnya tersebut membawa Quagliarella menyamai rekor Gabriel Batistuta dan melalui rekor gol Christian Vieri.

Kini Quagliarella telah mencetak 143 gol di Serie A dan menggusur Vieri yang mencetak 142 gol dalam daftar salah satu top skor sepanjang masa Serie A. Sementara untuk rekor Batistuta, Quagliarella menyamainya dari sisi torehan 11 gol beruntun di Serie A.

Quagliarella bukan satu-satunya genitori yang pernah merajai puncak top skor Serie A. Sejarah pernah mencatat empat pemain lainnya. Siapa saja?

1. Dario Hubner

Dario Hubner

Berjuluk Bisonte atau Si Bison, Dario Hubner seolah terlahir untuk jadi mesin pencetak gol yang tajam. Kendati lebih banyak menghiasi perjalanan kariernya di Serie C dan Serie B dengan Cesena, Brescia, Piacenza, Ancona, Perugia, dan Mantova, Hubner juga pernah menjadi top skor Serie A di musim 2001-02.

Hanya membela klub semenjana, Piacenza, Hubner yang kala itu berusia 35 tahun mencetak 24 gol di Serie A dan jadi yang tertajam bersama David Trezeguet. Hubner tidak pernah bermain untuk klub besar atau timnas Italia, namun namanya dalam catatan sejarah tidak akan lekang oleh waktu.

2. Alessandro Del Piero

Alessandro Del Piero

Fans Juventus mana yang tidak mengenal nama ikonik ini. Il Pinturiccio alias Alessandro Del Piero adalah maestro sejati di posisinya sebagai penyerang. Bukan sekedar pencetak gol, Del Piero juga pengatur serangan dan eksekutor bola mati yang hebat.

Del Piero bermain untuk Juventus dari tahun 1993 hingga 2012. Dalam perjalanan panjangnya bersama La Vecchia Signora, Del Piero menjadi top skor Serie A dengan Juventus di musim 2007-08 melalui torehan 21 gol. Kala itu usianya berumur 33 tahun.

Breaking News Serie a Trivia Sepak Bola Fabio quagliarella Luca Toni Alessandro del piero Juventus Antonio Di Natale
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan