Tuchel Berikan Alasan Sering Gunakan Strategi Pergantian Pemain Tak Wajar

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 22 September 2021
Tuchel Berikan Alasan Sering Gunakan Strategi Pergantian Pemain Tak Wajar
Thomas Tuchel (Twitter)

BolaSkor.com - Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, mengungkapkan alasannya kerap mengganti pemain pada awal babak kedua. Strategi tersebut terbilang jarang dilakukan.

Biasanya, seorang pelatih mengganti pemain pada pertengahan babak kedua untuk mengubah taktik atau sekadar menyuntikkan tenaga baru. Namun, pada Premier League musim ini, Tuchel punya taktik yang berbeda.

Pada laga pekan ketiga melawan Liverpool, Tuchel memasukkan Thiago Silva menggantikan Kai Havertz pada awal babak kedua. Pada waktu yang tak berbeda jauh di pekan keempat, Tuchel menarik keluar Saul Niguez untuk digantikan dengan Jorginho.

Tak berhenti sampai di situ, pada pertandingan berikutnya melawan Tottenham Hotspur, Tuchel menarik keluar Mason Mount untuk digantikan N'Golo Kante pada menit ke-46.

Baca Juga:

Tottenham 0-3 Chelsea: Derby London Milik The Blues

5 Tim di Musim 2021-2022 dengan Kedalaman Skuad Terbaik di Eropa

Chelsea Menang Telak Kontra Tottenham, Masih Ada yang Mengganjal di Hati Tuchel

"Terkadang, saya punya banyak pemikiran soal itu. Anda berpikir jika melakukannya pada babak pertama atau apakah akan ada perkembangan dalam pertandingan di mana bisa menunggu lebih lama," tegas Tuchel seperti dilaporkan Football London.

"Ini juga merupakan bentuk kepercayaan pada pemain di bangku cadangan. Anda memiliki pemain yang bisa memberikan pengaruh dan mengubah jalannya laga."

Apa yang dilakukan Tuchel memang bukan tanpa sebab. Selain untuk mengubah jalannya laga, Tuchel juga didukung dengan kedalaman skuad Chelsea yang mumpuni.

"Kami tidak menunggu atau mencari cara untuk melakukan pergantian yang banyak pada awal babak. Anda harus beradaptasi dengan apa yang ada di lapangan, ditampilkan lawan, dan pilihan taktik."

"Ketika melawan Liverpool, kami harus mengganti pemain karena kartu merah. Kemudian, Saul sedikit sial ketika bersua Aston Villa.

Namun, Tuchel tidak ingin menjadikan strategi mengganti pemain pada awal babak kedua sebagai pakem. Mantan pelatih Paris Saint-Germain itu akan memerhatikan berbagai aspek sebelum mengambil keputusan.

"Ini adalah soal apakah saatnya membantu tim. Kami tidak ragu membuat keputusan, tetapi akan ada di mana kami mengambil pilihan terlambat karena senang dengan penampilan tim saat itu," ulas Thomas Tuchel.

Thomas Tuchel Breaking News Chelsea Premier League
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.564

Bagikan