BolaSkor.com - Aksi unjuk rasa yang dilakukan warga di Catalunya, Spanyol, memaksa gelandang Barcelona, Ivan Rakitic, jalan kaki menuju rumahnya dari Bandara El Prat. Kabar ini dilansir dari media Spanyol, Sport-English.

Seperti diketahui, kondisi di Catalunya memanas terkait keputusan Pengadilan Tertinggi Spanyol untuk memenjarakan sembilan pemimpin separatis Katalan selama sembilan hingga 13 tahun. Ini melanjutkan kasus lama mengenai referendum dan isu kebebasan Catalunya dari Spanyol.

FC Barcelona, klub yang berasal dari Catalunya, menunjukkan sikap mereka dengan memberi pernyataan tegas yang ditujukan kepada Pemerintah Spanyol.

Baca Juga:

Boros di Bursa Transfer, Barcelona Punya Banyak Cicilan

Puyol Dukung Langkah Messi Kritik Pique

Jarang Main, Ivan Rakitic Ultimatum Barcelona

"FC Barcelona, sebagai salah satu referensi Catalonia, dan sesuai dengan lintasan historisnya, dari pembelaan kebebasan berekspresi dan hak untuk memutuskan, hari ini, setelah hukuman yang dikeluarkan oleh Mahkamah Agung terkait dengan proses terbuka melawan pemimpin sipil dan politik Catalan."

“Dengan cara yang sama bahwa penahanan pra peradilan tidak membantu menyelesaikan konflik, penjara juga tidak akan dikeluarkan hari ini, karena penjara bukanlah solusi. Penyelesaian konflik yang dialami Catalonia secara eksklusif melalui dialog politik," terang pernyataan resmi Barcelona.

“Akibatnya, sekarang lebih dari sebelumnya, klub meminta semua pembuat kebijakan untuk memimpin proses dialog dan negosiasi untuk menyelesaikan konflik ini, yang juga harus memungkinkan pembebasan para pemimpin sipil dan politik yang dihukum."

"Bangga menjadi bagian klub ini," ucap bek Barcelona, Gerard Pique, menimpali pernyataan klubnya itu. Dampak dari keputusan Pengadilan Tertinggi (Mahkamah Agung) itu sangat besar.

Ivan Rakitic tampak terlihat jalan kaki

Para pengunjuk rasa menutup jalan menuju bandara El Prat dan beberapa orang, termasuk Rakitic, memilih berjalan kaki untuk mencari kendaraan umum di luar area pengunjuk rasa tersebut.

Rakitic, 31 tahun, kembali dari tugasnya membela timnas Kroasia di jeda internasional kali ini. Eks pemain Sevilla terlihat menarik koper dan berjalan kaki dari gambar yang diambil publik dengan akun Twitter @PREC96.

Rakitic bermain dalam lanjutan laga grup Kualifikasi Piala Eropa 2020 kala Kroasia menang 3-0 atas Hungaria, serta saat Kroasia bermain imbang 1-1 melawan Wales.