Utak-atik Taktik ala Maurizio Sarri

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Senin, 07 Oktober 2019
Utak-atik Taktik ala Maurizio Sarri
Maurizio Sarri (Zimbio)

BolaSkor.com - Pelatih Juventus, Maurizio Sarri, membuktikan diri sebagai satu di anatara juru taktik terbaik di Italia. Sarri membawa La Vecchia Signora mengalahkan Inter Milan 1-2 di Giuseppe Meazza.

Awalnya, Maurizio Sarri menggunakan formasi 4-3-1-2. Cristiano Ronaldo ditemani Paulo Dybala di lini depan. Sementara itu, Federico Bernardeschi menempati posisi yang biasanya diisi Aaron Ramsey.

Juve sudah unggul ketika pertandingan baru berjalan tiga menit. Sepakan Paulo Dybala membuat jala gawang Samir Handanovic bergetar.

Inter Milan kemudian membalas melalui gol Lautaro Martinez pada menit ke-18. Gol tersebut tercipta lewat proses penalti setelah Matthijs de Ligt dinyatakan menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang.

Baca juga:

Inter Milan 1-2 Juventus: Pengalaman Jadi Pembeda di Derby d'Italia

Derby d'Italia: Laga Derby, namun Tak Mempertemukan Tim Sekota

Pahlawan Kemenangan Juventus, Gonzalo Higuain Tak Masalah Jadi Cadangan

Maurizio Sarri

Maurizio Sarri melakukan perubahan pada menit ke-62 dengan memasukkan Rodrigo Bentancur dan Gonzalo Higuain. Kedua pemain tersebut Menggantikan Sami Khedira dan Bernardeschi.

Akan tetapi, perubahan yang diinginkan Sarri tidak terjadi. Inter justru lebih mendominasi dan tekanan Juventus menurun.

Eks pelatih Napoli itu menyadari jika memainkan Ronaldo, Dybala, dan Higuain secara bersamaan tidak memberikan dampak positif. Tak pelak, pada menit ke-71, Emre Can masuk menggantikan Dybala.

"Kami sedang menguasai pertandingan dan saya merasa tidak adil bila kami tidak menang. Jadi, kami mencoba trio itu untuk sementara," ucap Sarri seperti dikabarkan Sky Sport.

"Namun, saya merasa sensasi dari sisi lapangan dan mementum tersebut telah mengubah arah. Sehingga, saya kembali melakukan perubahan."

Taktik Sarri pun berbuah manis. Pada menit ke-80, Higuain mencetak gol lewat tembakan dari dalam kotak penalti. Gol tersebut membuat Juve pulang dengan raihan tiga poin.

Maurizio Sarri

Maurizio Sarri menegaskan jika dirinya bukanlah pelatih yang miskin strategi. Pelatih 60 tahun tersebut mengatakan selalu punya taktik berbeda setiap menangani sebuah tim.

"Orang-orang mungkin menilai saya bodoh. Namun, mereka hanya tidak memperhatikan," papar Sarri.

"Saya memulai dengan sistem di Empoli, kemudian mengubahnya secara total. Saya hengkang ke Napoli dengan menggunakan satu sistem dan mengubahnya selama tiga musim."

"Selanjutnya, ketika di Chelsea saya memainkan taktik yang terlihat serupa. Namun, pada kenyataannya itu menggunakan interpretasi yang berbeda. Anda harus mengadaptasi taktik sesuai dengan karakter pemain," sambung sang pelatih.

Maurizio Sarri memang satu di antara pelatih yang memiliki banyak formasi. Sebelum menggunakan formasi 4-3-1-2, Sarri terkenal dengan skema tiga bek.

Maurizio Sarri Juventus Breaking News
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.521

Bagikan