BolaSkor.com - Penyebaran virus corona yang kian masif membuat sejumlah badan liga dan UEFA menghentikan kompetisi. Lantas, bagaimana nasib kompetisi yang sudah berjalan tersebut?

Virus Corona adalah dalang di balik ditangguhkannya sejumlah liga-liga elite Eropa. Serie A, Premier League, Ligue 1, LaLiga, dan Bundesliga mengambil langkah yang hampir senada.

Baca Juga:

Dampak Virus Corona: 4 Cara Premier League Akhiri Musim Ini

Tak Ada Garansi Liverpool Dapatkan Trofi Premier League

Dampak Virus Corona: Desakan Klub di Balik Penundaan Premier League

Duel Juventus Vs Inter Milan dilangsungkan tanpa penonton

Mereka tak ingin sepak bola menjadi ajang penyebaran virus corona. Terlebih, ditemukan beberapa kasus yang melibatkan pesepak bola dan pelatih. Situasi tersebut dinilai sudah lebih dari cukup untuk membuat kompetisi dihentikan sementara.

Pada sisi yang sama, UEFA juga mengambil kebijakan menangguhkan Liga Champions dan Liga Europa. Sejumlah laga pada babak 16 besar yang rencananya dilangsungkan pada pekan ini pun terpaksa ditunda.

Satu yang ditunggu-tunggu adalah soal keberlangsungan Piala Eropa 2020. Sebab, hal tersebut dapat berpengaruh kepada jalannya liga-liga di Eropa.

Bila tetap dilangsungkan sesuai jadwal, Piala Eropa 2020 diprediksi akan membuat sejumlah badan liga mengakhiri kompetisi lebih cepat. Alasannya, jadwal akan sangat padat karena telah ada penundaan.

Berdasarkan laporan Sky Sports, UEFA akan menggelar pertemuan dengan sejumlah pihak untuk membahas Piala Eropa 2020. Elemen yang ambil bagian dalam pertemuan tersebut adalah European Clun Association yang mewakili 250 klub Eropa.

Kemudian, ada juga European League yang mewakili 32 kompetisi liga di Eropa. Berikutnya ada All 55 Associations yakni perwakilan asosiasi sepak bola setiap negara Eropa. Pamungkas, UEFA Executive Committe yang merupakan pemegang kunci atau pembuat keputusan final.

Sejauh ini, ide yang mencuat adalah menunda Piala Eropa 2020. Kompetisi tersebit rencananya baru akan digelar pada tahun depan.