BolaSkor.com - Virus corona semakin parah di Italia. Dari jumlah 1.598 kasus yang terjadi kemarin Senin (09/03) kini sudah meningkat drastis menjadi 7.985 kasus. Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengambil keputusan tegas menunda seluruh events olahraga ditunda, termasuk Serie A.

Dari kasus tersebut sebanyak 97 orang meninggal dunia dalam waktu 24 jam terakhir, menambah jumlah korban meninggal hingga 463 orang, sementara 733 orang lainnya masih dalam perawatan intensif. Termasuk mereka yang sudah sehat, total positif terjangkit virus corona di Italia telah mencapai 9.172.

Tak mau mengambil risiko berlebihan, Conte memberikan pengumuman darurat kepada warga Italia dan zona merah di Italia diperluas di sekitar Lombardy dan bagian Utara hingga 3 April 2020.

Baca Juga:

Akibat Virus Corona IBL Seri 7 Batal di Jakarta, Pindah ke Malang

Mengintip Pencegahan Virus Corona ala Arema FC

Virus Corona Mewabah di Eropa, Premier League Larang Pemain Jabat Tangan

Ilustrasi warga Italia mengantisipasi virus corona

"Tidak ada lagi waktu, jumlahnya memberi tahu kami ada peningkatan yang signifikan dalam penularan, dalam perawatan intensif dan kematian. Kebiasaan kami harus berubah, ami harus mengorbankan sesuatu untuk kebaikan seluruh Italia. Inilah sebabnya kami akan mengambil tindakan lebih tegas," tutur Conte dikutip dari Football-Italia.

"Saya akan menandatangani dekrit baru, yang dapat disimpulkan dengan frasa 'Saya tinggal di rumah.' Tidak ada lagi zona merah, hanya ada Italia yang dilindungi."

"Kami harus menghindari perjalanan kecuali karena alasan kerja yang terbukti, alasan kesehatan atau keperluan lainnya. Kami melarang pertemuan publik yang besar."

“Kami juga memiliki langkah-langkah yang lebih ketat untuk acara olahraga. Serie A dan semua turnamen olahraga pada umumnya ditangguhkan. Semua penggemar harus menerima itu. Tidak ada alasan untuk melanjutkan kompetisi ini."

Terkait masalah virus corona atau COVID-19, FIGC dan Asosiasi Pemain Italia khawatir penundaan Serie A dan B selama krisis tetap tidak menjamin kesehatan serta keamanan pemain dan staf.

Seluruh olahraga termasuk sepak bola ditunda hingga 3 April 2020. Dampaknya bukan hanya di Italia, tapi juga diprediksi kepada tim-tim yang masih bersaing di Liga Champions League dan Liga Europa seperti Atalanta, Napoli, Inter Milan, Juventus, dan AS Roma.