BolaSkor.com - Sejak tidak lagi melatih klub pasca meninggalkan Arsenal pada 2018, Arsene Wenger melihat sepak bola dengan perspektif berbeda sebagai Kepala Pengembangan Global Sepak Bola FIFA.

Sebagai contohnya saat ini Wenger melihat regulasi dalam sepak bola sudah basi dan sudah saatnya mengubah tradisi, salah satunya adalah dengan mengadakan Piala Dunia dua tahun sekali, bukan empat tahun sekali seperti biasanya.

Sebagaimana perdebatan lainnya, ide tersebut juga memicu 'perang saudara' di antara badan sepak bola dari UEFA dan juga FIFA. FIFA merencanakan perubahan itu terjadi global pada 2028.

Wenger coba menjelaskan situasi dari perubahan global pada kalender tahunan per tahun 2028 tersebut. Dengan pengalamannya melatih selama 22 tahun, Wenger juga memahami kebutuhan pemain.

Baca Juga:

Southgate Tak Menolak Piala Dunia Digelar Dua Tahun Sekali

Arsene Wenger Bicara Peluang Comeback ke Arsenal

Liga Super Eropa Dituding untuk Hancurkan Premier League

“Hari ini (kalender internasional) sudah usang dan kami secara keseluruhan mendapat respons yang sangat positif," terang Wenger dikutip dari Mirror.

“Dengan menghormati keseimbangan 80/20 saya akan menandatangani dengan dua tangan jika saya adalah sebuah klub. Pemisahan yang lebih baik akan meningkatkan kualitas di kedua sisi."

“Dalam pengalaman saya, para pemain ingin memainkan lebih banyak laga yang lebih besar dan lebih sedikit laga yang lebih kecil dan ini memberikan kesempatan untuk memainkan turnamen terbesar di dunia setiap dua tahun."

“Itu juga akan menghilangkan sifat berhenti-dimulai dari sepak bola internasional yang, sebagai manajer klub, akan paling mengganggu saya. Anda memiliki kalender yang ditetapkan saat permainan dimainkan setiap tahun."

“Piala Dunia setiap empat tahun diputuskan pada 1930-an dan seharusnya tidak hanya berlanjut karena tradisi. Liga Champions dimainkan setiap tahunnya dan mempertahankan sisi prestisius. Ini akan sama."

"Tapi itu akan menjadi keputusan yang sangat demokratis dan akan dibuat 211 negara yang berafiliasi dengan FIFA."

FIFA cukup optimitis rencana tersebut dapat banyak dukungan dari pemilihan suara, sebab mereka berkeyakinan mereka punya mayoritas besar dari 211 negara asosiasi yang mendukungnya. FIFA juga yakin dapat dukungan dari Amerika Selatan meski UEFA kontra dengannya.

Berikut enam rencana kunci Wenger dan FIFA dalam merevolusi sepak bola dunia:

1. Piala Dunia setiap dua tahun sekali untuk memberikan laga-laga dengan 'kualitas yang lebih baik' lebih sering lagi.

2. Kalender global baru yang akan memunculkan jeda internasional sekali dalam semusim pada Oktober, turnamen dimulai pada Juni.

3. Pemain-pemain lebih banyak memainkan laga yang lebih 'berguna' ketimbang banyak laga, tapi bepergian juga kurang secara signifikan.

4. Inggris akan memainkan sedikit laga dalam proposal Wenger, memotong jumlah laga dari 44 pada 2014-2018 menjadi 43. Lalu argentina juga memainkan empat laga kurang.

5. Klub-klub akan tetap penting karena masih ada 80 hingga 20 persen keseimbangan pada sepak bola domestik.

6. Akan ada turnamen internasional besar setiap musim panas seperti Piala Dunia, akan dimainkan di antara Piala Eropa dan Copa America.