7 Bek Terbaik Dunia Sepanjang Tahun 2022

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 28 Desember 2022
7 Bek Terbaik Dunia Sepanjang Tahun 2022
Eder Militao dan David Alaba (Twitter)

BolaSkor.com - Penghujung tahun 2022 sudah terlihat dan begitu banyak drama atau event sepak bola dunia yang telah berlangsung. Pun demikian pemain-pemain baru bermunculan khususnya pemuda untuk memimpin generasi baru.

Berbicara mengenai pemain, kali ini BolaSkor.com telah menyiapkan daftar bek-bek terbaik sepanjang tahun 2022 dengan menilik dari berbagai sumber serta mencermati beberapa hal, seperti konsistensi dan kontribusi untuk klub.

Baca Juga:

Manchester United Vs Nottingham Forest: Dendam Kesumat Jesse Lingard

5 Alternatif bagi Manchester United setelah Gagal Rekrut Cody Gakpo

Disalip Liverpool dalam Perburuan Cody Gakpo, Manchester Ulangi Cerita soal Sadio Mane

Hasil Pertandingan Premier League: Chelsea dan Manchester United Kompak Menang

Tentu saja jika ada prestasi yang dipersembahkan untuk klub pada setengah musim akhir 2021-2022, plus performa mereka pada setengah musim awal 2022-2023, maka itu akan masuk perhitungan untuk masuk dalam kategori. Berikut tujuh bek terbaik dunia sepanjang tahun 2022:

1. Ruben Dias

Datang ke Manchester City pada 2020 sebesar 68 juta euro dari Benfica dan dikontrak enam tahun, Ruben Dias langsung jadi bagian penting The Citizens kala memenangi dua titel Premier League beruntun.

Bek tengah berusia 25 tahun asal Portugal juga terpilih memenangi Pemain Terbaik versi FWA atau pilihan jurnalis-jurnalis di Inggris pada musim 2020-2021. Konsistensi Dias dalam menjaga pertahanan City berlanjut sepanjang 2022.

2. Virgil van Dijk

Betapa buruknya pertahanan Liverpool tanpa Virgil van Dijk terlihat pada musim 2022-2021. Pasca direkrut dari Southampton sebesar 75 juta poundsterling pada 1 Januari 2018 bek berusia 31 tahun langsung jadi andalan di jantung pertahanan The Reds.

Van Dijk mengombinasikan kualitas, pengalaman, dalam menjaga pertahanan dengan kepemimpinan yang dimilikinya. Van Dijk juga bekerja sama baik dengan siapa pun dari Joe Gomez, Joel Matip, hingga Ibrahima Konate. Pada musim 2018-2019 ia juga terpilih sebagai Pemain Terbaik versi PFA.

3. Thiago Silva


Tidak mudah menjaga performa di level tinggi pada usia 38 tahun dan Thiago Silva melakukannya dengan baik. Bukti ia terus dimainkan Chelsea di jantung pertahanan dari musim 2021-2022 hingga 2022-2023 jadi bukti.

Hebatnya lagi Thiago Silva juga masih bermain di timnas Brasil di Piala Dunia 2022. Konsistensi yang diperlihatkan mantan bek AC Milan dan PSG itu layak berada di antara bek-bek terbaik dunia sepanjang tahun 2022.

4. David Alaba

Sungguh beruntung Real Madrid mendapatkannya gratis pada 2021 setelah David Alaba pergi dari Bayern Munchen, klub yang sudah dibelanya selama 11 tahun. Pengalaman besar, kualitas, serta kemampuannya membaca permainan sangat hebat.

David Alaba memang tidak lagi muda pada usia 30 tahun, meski begitu ia beradaptasi cepat dari bek kiri, gelandang bertahan, hingga menjadi bek tengah. Musim lalu ia konsisten membantu Madrid juara Liga Champions dan LaLiga.

Konsistensi itu berlanjut di musim 2022-2023 dan ia bermain baik kala bertandem dengan Antonio Rudiger atau Eder Militao. Dengan kaki kidalnya Alaba juga dapat membangun serangan dengan baik.

5. Leonardo Bonucci

Generasi terakhir pada eranya dan melanjutkan tradisi Italia dalam mengorbitkan bek-bek top. Leonardo Bonucci (35 tahun) andalan Juventus selepas kepergian Giorgio Chiellini dan juga kapten tim.

Musim lalu ia juga kesulitan di tengah proses adaptasi Juventus pada periode dua Massimiliano Allegri, begitu juga musim ini. Kendati demikian Juventus perlahan bangkit dan di tengah inkonsistensi itu, mereka masih tim dengan pertahanan terkuat (kebobolan tujuh gol dari 15 laga).

Bonucci bek tengah dengan kualitas bertahan dan juga kemampuan membangun serangan dari belakang.

6. Sven Botman

Dibeli Newcastle United pada musim panas 2022 dari Lille sebesar 37 juta euro dan kontribusinya langsung terlihat jelas. Sejauh ini hingga 16 laga Premier League yang sudah dimainkan Newcastle, mereka ada di urutan dua klasemen dengan 33 poin.

Newcastle baru kebobolan 11 gol dan menjadikan mereka sebagai tim dengan pertahanan terbaik. Botman (22 tahun) punya kontribusi besar dan ia sudah memperlihatkannya secara konsisten dengan Lille selama dua musim terakhir, termasuk kala memenangi titel Ligue 1.

7. Eder Militao

Muda, cepat, dan tangguh dalam duel bola udara. Tidak percuma Real Madrid merogoh kocek hingga 50 juta euro untuk merekrut Eder Militao pada 2019 dari FC Porto. Bek asal Brasil langsung jadi pemain reguler di jantung pertahanan Madrid.

Militao belajar banyak dari Sergio Ramos sebelum Ramos pergi ke PSG dan kini sudah jadi penggantinya. Militao juga bertandem baik dengan siapa pun dari Alaba, Antonio Rudiger, hingga Nacho Fernandez.

Musim lalu Militao membantu Madrid juara Liga Champions dan LaLiga, konsisten bermain musim ini.

Selain tujuh nama di atas nama-nama bek top dunia lainnya sepanjang tahun 2022 adalah Milan Skriniar, Raphael Varane, Marquinhos, dan Pau Torres.

Trivia Sepak Bola Premier League Serie a LaLiga
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan