BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-23 akan menutup penyisihan Grup B SEA Games 2019 dengan menghadapi Laos di Stadion Imus Grandstand Cavite, Kamis (5/12) pukul 15.00 WIB. Ini menjadi laga penting bagi skuat Garuda untuk penentuan nasib di sepak bola SEA Games 2019.

Timnas Indonesia U-23 harus menang dengan selisih dua gol atau lebih untuk bisa melenggang ke semifinal. Jika demikian, Indonesia akan mengoleksi 12 poin dengan catatan selisih gol plus 13 atau lebih.

Indonesia akan menjadi juara grup apabila Vietnam kalah dari Thailand tidak lebih dari dua gol dalam laga yang digelar bersamaan di Stadion Sepak Bola Binan. Apabila demikian atau Thailand menang selisih dua gol, maka mengoleksi 12 poin dengan catatan selisih gol plus 12, sementara Vietnam tetap dengan 12 poin dengan catatan selisih gol plus 11.

Jika sebaliknya atau Vietnam menang atas Thailand dengan berapapun jumlah gol, maka Indonesia lolos sebagai runner-up grup. Status runner-up grup juga akan diperoleh apabila Indonesia menang selisih satu gol, sementara Thailand menang selisih tiga gol atau lebih dari Vietnam sehingga berada di puncak.

Baca Juga:

Lolos Pertama Kali ke Semifinal, Kamboja Tak Takut Lawan dari Grup B Termasuk Timnas Indonesia U-23

Menang 3-1 atas Malaysia sehingga Lolos ke Semifinal, Timnas Kamboja U-23 Catat Dua Sejarah

Timnas Indonesia U-23 sebetulnya bisa lolos sebagai runner-up meski seri atau kalah di laga pamungkas. Itu dengan catatan Thailand juga seri atau kalah dengan skor serupa atau lebih telak dari Vietnam.

Indonesia akan gagal lolos apabila seri atau kalah, sementara Thailand meraih kemenangan dengan berapapun jumlah gol.

Sebagai catatan, Timnas Indonesia U-23 saat ini mengoleksi sembilan poin dari empat laga, dengan catatan selisih gol plus 11. Jumlah poin sama dengan Thailand, yang mencatatkan selisih gol plus 10. Adapun Vietnam masih di puncak dengan 12 poin, dengan catatan selisih gol plus 13.

Sesi latihan Timnas Indonesia U-23. (PSSI)

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, percaya bahwa anak asuhnya bisa memenuhi syarat untuk bisa lolos. "Mereka bukan pemain muda lagi. Sudah bermain di usia 16, 19, dan 22. Jadi situasi ini di sepak bola harus ada. Tidak ada yang stress. Setiap saat situasi seperti ini kami hadapi."

"Semua bisa tersingkir, Vietnam bisa, Thailand juga bisa," sambung Indra Sjafri.

Timnas Indonesia U-23 bisa memainkan komposisi terbaiknya dalam pertandingan sangat menentukan. "(Rabu) sore, alhamdulillah kondisi pemain fit, tidak ada yang cedera dan itu yang paling penting."

Baca Juga:

Egy Maulana Vikri Tak Mau Takabur saat Timnas Indonesia U-23 Hadapi Laos

Pelatih Laos U-23 Mengaku Sudah Mempelajari Kekuatan Timnas Indonesia U-23

Adapun pelatih Laos, Varadaraju Sundramoorthy memastikan skuat asuhan akan tetap berjuang. Meski laga ini sudah tak berpengaruh, karena Laos sudah tersingkir setelah mencatatkan satu kemenangan, satu hasil seri, dan dua kekalahan.

"Akan menjadi pertandingan yang bagus untuk kami. Sangat penting bagi anak-anak melanjutkan performa yang sama seperti yang mereka lakukan melawan Brunei dan Thailand."

"Bagi Indonesia laga nanti harus menang. Sementara bagi Laos, mau menang atau kalah itu sama sekali tidak berpengaruh. Kami bermain untuk negara dan sangat senang mendapatkan hasil baik dan kami akan lakukan yang terbaik," sambung mantan pelatih Timnas Singapura itu.

Timnas Laos U-23. (LaoFF)

Pertandingan Terakhir Timnas Indonesia U-23 di Grup B

26 November: Thailand 0-2 Indonesia

28 November: Indonesia 2-0 Singapura

1 Desember: Vietnam 2-1 Indonesia

3 Desember: Indonesia 8-0 Brunei Darussalam

Pertandingan Terakhir Timnas Laos U-23 di Grup B

26 November: Laos 0-0 Singapura

28 November: Vietnam 6-1 Laos

1 Desember: Laos 3-0 Brunei Darussalam

3 Desember: Laos 0-2 Thailand

Pertemuan di SEA Games

Indonesia 0-2 Laos (SEA Games 2009)

Indonesia 4-0 Laos (SEA Games 2005)

Indonesia 1-0 Laos (SEA Games 2003)

Indonesia 5-2 Laos (SEA Games 1997)

Prediksi Bolaskor: Timnas Indonesia U-23 Vs Laos: 60-40