Prediksi Timnas Indonesia Vs Thailand: Garuda Berusaha Sekuat Tenaga

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 29 Desember 2021
Prediksi Timnas Indonesia Vs Thailand: Garuda Berusaha Sekuat Tenaga
Timnas Indonesia Vs Thailand. (BolaSkor.com/Aji Wandi)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand dalam leg pertama final Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (29/12) malam WIB. Ini sekaligus akan menjadi pertemuan ke-13 Indonesia dan Thailand di Piala AFF.

Indonesia dan Thailand sudah bertemu 12 kali di Piala AFF. Timnas Indonesia hanya tiga kali merasakan kemenangan, adapun sembilan pertemuan menjadi milik Thailand, termasuk di final Piala AFF 2000, 2002, dan 2016 (leg kedua).

Bagi Indonesia, ini merupakan final keenam. Dalam lima kesempatan di final, Indonesia selalu gagal merengkuh gelar juara. Sementara bagi Thailand menjadi final kesembilan, di mana War Elephants sudah lima kali menjadi juara.

Baca Juga:

Timnas Indonesia Gagal Juara dalam Lima Kesempatan, Pelatih Thailand Beri Tanggapan

7 Pemain yang Jadi Pondasi Permainan Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyadari catatan buruk Timnas Indonesia di final. Pengalamannya menjadi juara sebagai pemain dan pelatih coba ditularkan ke para penggawa Timnas Indonesia, dengan harapan mengubah nasib Timnas Indonesia sebagai spesialis runner-up.

"Jujur saya mau juara. Tapi juara tidak hanya bicara saja. Juara jika kerja keras. Saya berpengalaman dan ini akan diterapkan agar bisa juara," kata Shin Tae-yong.

Shin berharap Timnas Indonesia bisa tampil maksimal. Ia mengakui bahwa pemulihan kondisi fisik mendapat tantangan karena kurangnya nutrisi disebabkan keterbatasan makanan.

"Memang ini bagian yang sangat sulit bagi saya dalam pemulihan fisik. Apalagi kita dalam sistem bubble. Pemain tidak bisa mendapat makanan bergizi, pahadal makanan bergizi dibutuhkan agar kondisi cepat pulih. Karena makanannya dalam kotak, nutrisi kurang untuk pemain. Jadi saya khawatir."

Shin Tae-yong berjabat tangan dengan Mano Polking. (ThailandNTOfficial)

Skuat Garuda akan tampil tanpa satu pemain pentingnya, yaitu Pratama Arhan. Arhan harus absen di final pertama karena akumulasi kartu kuning. Posisi Arhan kemungkinan diisi Edo Febriansyah.

Sementara itu, pemain depan Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri menyadari laga akan berlangsung tidak mudah. Ia menilai bahwa Thailand punya level di atas Indonesia. Namun begitu, para pemain dipastikannya akan berjuang habis-habisan untuk meraih kemenangan.

"Tidak ada tekanan, pemain justru punya motivasi. Sekarang kami punya kesempatan dan ini kesempatan besar. Pemain punya mental kuat dan ingin juara. Tidak hanya sekadar bicara, tapi kami harus kerja keras untuk itu. Kami siap dan sangat ingin menjadi juara."

"Yang pertama, harus kami yakin bisa memenangkan pertandingan ini. Karena keyakinan itu penting untuk membuat lebih percaya diri lagi. Kami akan bekerja keras sebagai tim, bahkan sampai darah penghabisan untuk membawa trofi ke Indonesia. Thailand memang ada di atas, tapi kami tidak takut. Bola bundar dan semua bisa terjadi di lapangan," tambah Egy Maulana Vikri.

Baca Juga:

Sadar Dukungan Besar untuk Timnas Indonesia, Egy Janjikan Upaya hingga 'Mati-matian'

Shin Tae-yong Akui Recovery Jadi Persoalan Timnas Indonesia Jelang Final

Di kubu Thailand, pelatih Alexandre 'Mano' Polking kembali mempertegas ambisi War Elephants menjadi juara. Namun ambisi ini diyakini mendapat tantangan yang cukup sulit.

"Indonesia tampil dengan tim muda, darah muda, dan memberikan segalanya. Mereka berlari sepanjang laga, naik-turun. Dengan kecepatan pemain bisa memberi bahaya dalam serangan balik."

"Sebagai sebuah tim, mereka melakukan pekerjaan dengan baik dan mampu ke final. Indonesia juga ditangani pelatih berpengalaman, tetapi kami berharap bisa mempersiapkan diri dan melakukan terbaik untuk membawa kembali trofi."

Kewaspadaan pun akan dipasang. Sementara rekor buruk Indonesia di lima final sebelumnya tak jadi patokan.

"Saya tahu bagaimana catatan Indonesia dengan baik. Mereka beberapa kali mendekati gelar juara. Tapi tim mana pun yang sampai ke final tentu akan berusaha untuk menang."

Thailand akan tampil tanpa dua pilar pentingnya yaitu Chatchai Budprom dan Theerathon Bunmathan.

Chatchai absen karena mengalami cedera serius, yakni robeknya ligamen anterior cruciate (ACL) dalam laga leg kedua semifinal kontra Vietnam. Kiprah Chatchai sudah berakhir di Piala AFF 2020 dan harus menjalani operasi serta pemulihan 6-8 bulan.

Adapun Theerathon Bunmathan tak bisa tampil di leg pertama final Piala AFF 2020 pada Rabu (29/12), karena akumulasi kartu kuning. Eks Yokohama F. Marinos itu baru bisa dimainkan di leg kedua final.

Partai Thailand Vs Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia. (ThailandNTOfficial)

5 Pertemuan Terakhir

03 Jun 2021: Thailand 2-2 Indonesia (Kualifikasi Piala Dunia)

10 Sep 2019: Indonesia 0-3 Thailand (Kualifikasi Piala Dunia)

17 Nov 2018: Thailand 4-2 Indonesia (Piala AFF)

17 Des 2016: Thailand 2-0 Indonesia (Piala AFF)

14 Des 2016: Indonesia 2-1 Thailand (Piala AFF)

5 Laga Terakhir Timnas Indonesia

25 Des 2021: Indonesia 4-2 Singapura (Piala AFF)

22 Des 2021: Singapura 1-1 Indonesia (Piala AFF)

19 Des 2021: Malaysia 1-4 Indonesia (Piala AFF)

15 Des 2021: Indonesia 0-0 Vietnam (Piala AFF)

12 Des 2021: Laos 1-5 Indonesia (Piala AFF)

9 Des 2021: Indonesia 4-2 Kamboja (Piala AFF)

5 Laga Terakhir Timnas Thailand

26 Des 2021: Thailand 0-0 Vietnam (Piala AFF)

23 Des 2021: Vietnam 0-2 Thailand (Piala AFF)

18 Des 2021: Thailand 2-0 Singapura (Piala AFF)

14 Des 2021: Filipina 1-2 Thailand (Piala AFF)

11 Des 2021: Thailand 4-0 Myanmar (Piala AFF)

Starting XI Timnas Indonesia di leg kedua semifinal Piala AFF 2020. (AFF Suzuki Cup)

Prakiraan Susunan Pemain

Indonesia: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Edo Febriansyah; Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Irfan Jaya; Egy Maulana Vikri

Thailand: Siwarak Tedsungnoen; Narubadin Weerawatnodom, Manuel Bihr, Kritsada Kaman, Suriya Singmui; Thanawat Suengchitthawon, Phitiwat Sukjitthammakul, Sarach Yooyen; Supachok Sarachart, Chanathip Songkrasin, Teerasil Dangda

Prediksi BolaSkor: Indonesia 50-50 Thailand

Timnas Indonesia Thailand Piala aff Piala AFF 2020 Breaking News Shin Tae-yong
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan